Sebuah Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan UFDK Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025
Lembaga Penjaminan Mutu Internal Universitas Fort De Kock telah mengadakan Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap pelayanan UFDK di semester genap tahun akademik 2023/2024. Sebanyak 549 mahasiswa telah mengisi survey tersebut secara online dari total mahasiswa yang aktif sebanyak 2218 mahasiswa. Dalam artian, respon rate survey ini sebesar 24,75%.
Apabila dilihat berdasarkan Program studi, responden dengan tingkat partisipasi tertinggi adalah Program Studi Keperawatan dan Pendidikan Ners (37,8%), dan terendah adalah Program Studi Design Komunikasi Visual (0,6%). (Lihat Chart 1.1)

Layanan Unit Sistem Informasi mendapatkan respon kepuasan tertinggi
Hasil Survey menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa tertinggi berada pada unit pelayanan system informasi dengan nilai rata-rata 98,56%. Masih, sama dengan sebelumnya, terdapat lima bagian pelayanan yang ada di Universitas Fort De Kock, yaitu : Bagian Akademik, Bagian Kemahasiswaan, Bagian Sarana Prasarana, Bagian Keuangan dan Unit Sistem Informasi. (Lihat Chart 1.2)

ASPEK Reliability Menjadi Penilaian Tertinggi
Apabila dilihat dari Aspek kepuasan , maka aspek tertinggi dari kepuasana mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan Universitas Fort De Kock adalah aspek Reliability. (Lihat Chart 1.3)

Reliability menjadi aspek tertinggi dengan persentase 98,48%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Universitas Fort De Kock merasa bahwa pelayanan UFDK telah memiliki data pelayanan yang akurat dan mudah dipahami.
Aspek kedua tertinggi ditempati oleh aspek Empathy sebesar 97,9%. Aspek ini menunjukkan mahasiswa meyakini bahwa pelayanan di Universitas Fort De Kock selalu disertai dengan perhatian dan kepedulian terhadap setiap kebutuhan mahasiswa.
Aspek tertinggi ketiga yaitu Assurance sebesar 97,64% yang menunjukkan bahwa mahasiswa meyakini bahya layanan UFDK memperlakukan mahasiswa secara adil dan tidak memihak pada siapapun.
Aspek selanjutnya adalah aspek responsiveness 96,9%, yang berarti layanan UFDK selalu cepat tanggap terhadap semua kebutuhan mahasiswa dan keluhan mahasiswa. Aspepk terakhir dari survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan UFDK adalah aspek Tangible 96,2%, menunjukkan bahwa mahasiswa mengakui kecukupan dari fasilitas, sarana prasarana di setiap layanan.
Sumber Data : LPMI Universitas Fort De Kock
0 Comments