Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Sejarah dan Latar Belakang Berdirinya Program Studi

Pendidikan tinggi merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran ini dijalankan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai humaniora, budaya, dan pemberdayaan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Dalam menghadapi era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi, masyarakat dituntut untuk mampu menyeimbangkan kebutuhan hidup dengan gaya hidup modern yang semakin kompleks. Hal ini menjadi landasan bagi Universitas Fort De Kock untuk merespons tantangan zaman melalui pembentukan Program Studi Sarjana Desain Komunikasi Visual.

Veggy Andika P., S.Sn., M.Sn
Ketua Program Studi
Nanda Putra Yulda, S.Ds.
Admin Prodi S1 Hukum

Program Studi Desain Komunikasi Visual dirancang untuk menjawab kebutuhan industri kreatif yang terus berkembang. Fokus utamanya adalah pada penciptaan karya seni visual sebagai media komunikasi, baik secara manual maupun berbasis teknologi digital. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, individu, kelompok, dan institusi dituntut untuk mampu beradaptasi secara kreatif dan strategis. Oleh karena itu, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan ilmu desain komunikasi visual yang relevan, inovatif, dan berdaya saing global. Program Studi ini resmi didirikan berdasarkan SK Mendikbudristek Nomor 302/E/0/2024 tentang Izin Penyatuan Akademi Kebidanan Puteri Andalas Padang di Kota Padang ke Universitas Fort De Kock di Kota Bukittinggi, yang diselenggarakan oleh Yayasan Fort De Kock Bukittinggi. Bersamaan dengan itu, dibentuk pula tiga program studi baru: Desain Komunikasi Visual, Hukum, dan Psikologi.

Visi Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

“Menjadi Program Studi Unggul Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual berbasis Creativepreneur, Teknologi Digital dan Kearifan Lokal yang Religius serta Berdaya Saing Global Pada Tahun 2033”


Misi Program Studi
Menyelenggarakan Pendidikan Desain Komunikasi Visual berbasis creativepreneur  dan teknologi digital yang berwawasan dan berdaya saing global.
Memiliki peran aktif dalam pengembangan keilmuan desain komunikasi visual melalui penelitian ditingkat nasional dan internasional.
Melakukan peran aktif dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan potensi kearifan lokal dalam menghadapi tantangan perkembangan bisnis, teknologi dan media di masa depan.
Mengembangkan pengelolaan program studi yang bertata kelola baik (good governance).
Membangun jejaring dengan stakeholder Hexahelix (akademia, business, aggregator, government, community dan media) yang relevan dengan Desain Komunikasi Visual.
Profil Lulusan Program Studi
Desainer Grafis/Komvis
Desainer Brand Brand desainer
Desainer Publikasi
Desainer Web
Desainer UI/UX User interface
Desainer Game
Desainer Grafis Lingkungan
Tipografer
Ilustrator
Creativepreneur
Design Researcher

Penjelasan Profil Lulusan

Program Studi Desain Komunikasi Visual di Universitas Fort De Kock Bukittinggi dalam menentukan profil lulusan mengacu pada ketentuan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) yang tercantum dalam Standar Kompetesi Lulusan (SKL) yang mencakup tiga unsur yaitu: Sikap, Pengetahuan dan keterampilan yang mengacu pada rumusan SKKNI- Nomor 301 Tahun 2016.

Pengembangan Keilmuan Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Fort De Kock Bukittinggi berlandaskan Visi dan Misi Universitas Fort De Kock Bukittinggi yaitu Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional Serta Memiliki Daya Saing Global Tahun 2033. Berdasarkan potensi berdaya saing global dengan menjalin kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintah, dan dunia usaha ditingkat daerah, nasional dan internasional menjadikan Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Fort De Kock Bukittinggi sebagai Program Studi Unggul dalam bidang Desain Komunikasi Visual berbasis Creativepreneur, Teknologi Digital dan Kearifan lokal yang Religius serta Berdaya Saing Global Pada Tahun 2033.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Fort De Kock Bukittingi menitikberatkan pada entrepreneurship desain karena berada di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta bidang professional desain yang mengacu kepada perkembangan kebutuhan teknologi informasi era digital saat ini dan masa depan. Hal ini juga menitikberatkan pada kemampuan mahasiswa dalam menguasi Sikap Kerja, Pengetahuan, Keterampilan dan Kepekaan serta Kreativitas dalam menghadapi dunia industri di masa depan. Penguasaan ini menjadi acuan jenjang ketenagakerjaan maupun dalam perencanaan pendidikan agar terjadi kesinambungan antara pendidikan dengan dunia industri dalam penyediaan SDM yang berdaya saing global. Adapun Profil Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Fort De Kock Bukittinggi sebagai berikut:

  1. Profesional Desainer
    Profesi yang memiliki kompetensi dalam merancang kebutuhan komunikasi visual yang berfungsi sebagai memberikan informasi, mengidentifikasi dan membujuk dengan menggunakan media baik cetak maupun non cetak dan new media.
  2. Creativepreneur Bidang profesi Desain Komunikasi Visual
    Lulusan yang mampu merencanakan, membangun, mengembangkan bisnis kreatif di bidang desain komunikasi visual, melakukan strategi pemasaran dan memelihara hubungan positif dengan stakeholder dan pelaku bisnis, serta memimpin bisnis yang dijalankan.
  3. Design Researcher
    Seorang Profesional yang melakukan penelitian di bidang keilmuan desain komunikasi visual yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai permasalahan desain komunikasi visual pada masyarakat dalam menemukan solusi yang tepat guna, efektif serta kreatif, baik secara independent maupun kolaborasi.

    Tujuan Utama Program Studi
    1. Menghasilkan lulusan yang unggul di bidang desain dan creativepreneur yang mampu menghadapi tantangan dunia industri desain di masa depan.
    2. Menghasilkan luaran penelitian yang berkualitas melalui keterlibatan akademika dan industri lokal (UMKM).
    3. Menghasilkan luaran program pengabdian kepada masyarakat dalam bidang desain, industri kreatif dan teknologi media digital dalam meningkatkan daya saing potensi kearifan lokal.
    4. Menghasilkan karya cipta desain yang tepat guna dan bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat serta dunia industri kreatif.
    5. Menghasilkan suasana akademik yang kondusif dan produktif bagi pelaksanaan tata kelola pendidikan di bidang Desain Komunikasi Visual.

    Sasaran yang dituju adalah untuk seluruh kalangan dalam memenuhi kebutuhan terhadap mengkomunikasikan promosi produk dan jasa yang ditawarkan melalui media visual. Sedangkan Capaian Pembelajaran (CP) atau learning outcomes Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Fort De Kock pada Kurikulum terbaru yaitu OBE (Outcome Based Education) yang mengacu pada Profil Lulusan.

    1. Mampu menghasilkan/menciptakan karya Komunikasi visual yang estetik dengan menunjukan sikap professional, problem solving, adaptif, memahami trend dan perilaku audiens, serta mampu berkolaborasi.
    2. Mampu mengembangkan ide bisnis, membangun brand yang otentik dan menarik, menyelesaikan masalah dengan solusi kreatif, menganalisis trend dan peluang pasar serta membangun jaringan yang mendukung pertumbuhan dengan terus menunjukan semangat belajar dan relevan.
    3. Mampu melakukan penelitian dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam menemukan solusi yang tepat guna, efektif serta kreatif, baik secara independent maupun kolaborasi.

    Dosen/Tenaga Pengajar
    1. Veggy Andika Pratama, S. Sn., M.Sn.
    2. Melisa Putriadi, S. Ds., M. Sn.
    3. Wendo Afriyoma Pratama, S. Ds., M. Sn.
    4. Yudha Wibisono.,S.Tr.I.Kom.,M.Sn

    Verified by MonsterInsights